Jumat, 05 November 2010

makalah usaha catering




BAB I
                                      PENDAHULUAN

Untuk meningkatkan keuntungan bagi perusahaan, setiap organisasi bisnis harus berusaha melakukan perubahan terhadap efektivitas dan efisiensi kegiatan usahanya.  Prinsip utama dari bisnis adalah bagaimana meningkatkan profit, meminimalkan biaya serta produk perusahaan menjadi unggul dan dapat diterima oleh pasar secara luas. Semakin lama tuntutan pelanggan terhadap kualitas produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan semakin tinggi dan beragam. Oleh karena itu kegiatan efisien dan efektifitas yang dilakukan tidak hanya berupa perbaikan yang bersifat financial, tetapi lebih jauh mengembangkan agar lebih unggul di dalam pasar.

BAB II
                                     LANDASAN TEORI
Bisnis usaha catering semakin bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini menunjukkan bahwa usaha ini menjanjikan keuntungan yang besar bagi para pelakunya. Meningkatnya usaha ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah adanya perubahan gaya hidup penduduk kota besar yang ingin lebih praktis sehingga menambah konsumen yang membutuhkan jasa catering. Perkembangan bisnis catering bukan hanya ditandai dengan peningkatan jumlah pemilik usahanya saja, melainkan adanya perubahan pada variasi olahan menu, desain penentuan dan fasilitas lainnya yang mulai tampak ada perubahan. Pada awalnya usaha catering hanya menyediakan makanan untuk acara pesta saja, tetapi pada saat ini usaha catering telah berkembang menyesuaikan kebutuhan masyarakat, misalnya catering rantangan untuk karyawan, catering rumah sakit dan masih banyak lagi. Meningkatnya jumlah pengusaha catering menimbulkan pesaingan ketat dalam menarik konsumen sebanyak-banyaknya.  Agar dapat menarik konsumen dalam jumlah besar, pengusaha catering harus menjaga kualitas rasa dan pelayanan yang memuaskan untuk konsumen, bahkan harga yang di tawarkan harus mampu bersaing. Mengingat semakin pintar konsumen dalam memilih jasa catering yang enak dengan harga relatif murah, maka pengusaha catering harus pandai dalam menghadapi persaingan yang cukup kuat. Oleh sebab itu pengusaha catering harus lebih kreatif dan lebih inovatif .





Bab III
Metodologi Penelitian
A.    Tempat dan Waktu Penelitian

1.      Tempat     : a. Kampus (J) Gunadarma Kalimalang
  b. Dirumah
  c. Diwarnet

2.     Waktu      :3 November 2010 – 5 November 2010

B.     Metode Penelitian

1.    Observasi.      
Observasi adalah penglihatan langsung ke tempat sasaran  yang dituju sehingga  hasilnya  lebih  teliti  dan  lebih mendekat kebenaran.
2.    Melalui Media Internet.
Mencari bahan materi tentang usaha catering melalui internet dengan cara membuka situs www.google.com



BAB IV
PEMBAHASAN

A.  IDE BISNIS USAHA CATERING
Bisnis catering sepertinya tidak mengenal kata bangkrut karena selalu saja banyak yang mencari. Adapun catering merupakan usaha makanan yang bisa dipanggil pada berbagai acara antara lain pesta perkawinan, seminar, ulang tahun dan lain sebagainya. Kegiatan yang disebutkan tentunya menyiapkan makana dalam jumlah tertentu. Bisnis catering akan semakin sukses bila memperhatikan kebutuhan konsumen, menampilkan makanan yang bersih (hieginis) dan tentunya bila kita mampu memuaskan konsumen dengan aneka rasa makanan yang ditawarkan oleh catering. Usaha catering sebetulnya merupakan usaha yang tidak bisa dikerjakan sendiri dan bila anda ingin memulainya, anda harus menyiapkan staff yang cukup banyak antara lain untuk memasak, transportasi bahkan ada yang merangkap dekorasi.setelah menentukan jenis makanan, anda perlu menyiapkan tenaga kerja yang handal.  Bisa saja anda merekrut pekerjaan sudah pengalaman namun tidak tertutup kemungkinan anda juga merekrut tenga kerja yang belum berpengalaman. Saya kira penilaian utama dari perekrutan adalah, tenaga kerja yang bersangkutan haruslah rajin dan jujur dan juga dapat anda kendalikan. Berikanlah mereka kontrak kerja yang jelas sehingga mereka betah bekerja pada anda. Biasanya pekerja yang lulusan dari Sekolah Kuliner lebih terampil dibandingkan dengan pekerja yang tidak mempunyai latar belakang dibidang Kuliner. Peralatan dan Mesin Industri Makanan juga berpengaruh terhadap kecepatan, penghematan biaya, dan Hasil Akhir yang Memuaskan. Dengan melengkapi usaha catering Anda dengan peralatan dan mesin industri makanan yang sesuai dengan kebutuhan, akan membuat anda semakin mudah meraih sukses berbisnis catering.


B.   LANGKAH-LANGKAH MEMBUKA USAHA CATERING
Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha Catering :

1.      Menentukan konsep  usaha catering yang akan dipilih ada beberapa macam usaha catering misalnya catering yang akan dipilih adalah catering untuk pesta , catering rantangan, atau catering menu khusus.
2.      Menentukan standar resep andalan catering pada catering anda masakan yang memiliki rasa enak merupakan syarat mutlak untuk usaha catering.
3.      Membuat perencanaan usaha
4.      Membuat menu atu daftar harga.
5.      Mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan usaha catering.
6.      Memulai catering.

C.   KEBUTUHAN POKOK USAHA CATERING
Ada beberapa keperluan dasar yang harus anda persiapkan. Diantaranya adalah :
1.      Tempat usaha
2.      Peralatan masak
3.      Peralatan makan
4.      Perlengkapan penunjang catering


D.  JENIS CATERING
Jenis catering dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1.      Jasa catering pesta
Catering ini melayani pesanan makanan untuk acara tertentui dalam jumlah tertentu yang dihidangkan baik secara prasmanan maupun buffet ataupun piringan.
2.      Jasa catering rantangan
Melayani penyediaan berbagai menu dalam kemasan rantangan.
3.      Jasa catering perusahaan atau pabrik
Jasa catering yang disediakan untuk perusahaan atau pabrik. Bentuk pelayanannya dapat berupa rantangan atau prasmanan.
4.      Jasa catering transportasi
Jenis ini merupakan catering khusus untuk pelayanan perusahaan transportasi seperti pesawat, kereta api, kapal laut, maupun bus antar kota atau provinsi.
5.      Jasa catering rumah sakit
Catering ini khusus menyediakan makanan untuk pasien rumah sakit dalam pengolahannya catering ini harus diawasi ketat oleh ahli gizi yang direkomendasikan oleh pihak rumah sakit.
6.      Jasa catering khusus
Jenis catering khusus melayani konsumen tertentu seperti,  catering khusus vegetarian, catering khusus diet dan sebagainya.
7.      Jasa catering lauk rumah tangga
Banyak ibu yang bekerja yang tidak sempat memasak memilih catering untuk memenuhi kebutuhan makanan keluarganya.
8.      Jasa catering rapat dan seminar
Untuk rapat dan seminar biasanya membutuhkan snack dan makan berat juga, catering seperti ini anda harus aktif mencari koneksi dengan penyelenggara acara, penyewaan gedung atau instansi tertentu.

E.   MEMULAI USAHA CATERING
Dalam memulai usaha dibidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimana menggaet order. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah mempersiapkan mental dan keberanian memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada tidak sama sekali. Pengusaha catering harus mampu menerima resiko dari suatu masalah yang sedang dihadapi. Sebelum anda menginvestasikan uang anda untuk usaha catering ada baiknya anda menginvestasikan waktu anda untuk belajar mengenai bisnis yang ingin anda tekuni. Anda dapat belajar dari orang-orang yang telah sukses dalam menjalankan suatu usaha.

F.   SERTIFIKAT HALAL PADA USAHA CATERING
Tidak hanya produksi makanan dari pabrikan saja yang perlu menyertakan sertifikat halal pada kemasan produksinya tetapi untuk ikut masuk dan berkompetisi kedalam pasar yang komsumennya adalah mayoritas Muslim pengusaha catering perlu mempertimbangkan lebel HALAL, karena kenyataannya prosentase dari permintaan pasar tehadap hasil produksi harus menyertakan sertifikat HALAL maka seharusnya bagi usaha catering memiliki sertifikat tersebut. Negara Indonesia yang mayoritas adalah muslim, berarti memiliki sertifikat HALAL adalah keputusan yang tepat dan membuat sertifikat HALAL wajib bagi usaha catering yang pengusaha atau pemiliknyanya juga muslim, karena selain untung yang didapat nantinya juga pahala yang menjadi miliknya. Secara bisnis, usaha catering pasti lebih menguntungkan jika memiliki sertifikat HALAL.


                                         BAB V
                                  KESIMPULAN
           Usaha catering adalah salah satu usaha yang cocok bagi para wanita . khususnyayang memiliki keterampilan dan hobi memasak .usaha catering itu bermacam-macam. Tergantung tingkat kecocokan dan kemampuan menjalaninya saja dalam menentukan jenis usaha catering. walaupun usaha catering adalah salah satu jenis usaha yang tidak terlalu besar, namun untuk menjalankan usaha ini pun harus memperhatikan beberapa hal penting seperti diantaranya adalah adanya sertifikat halal.



DAFTAR PUSTAKA
Kursus Home Industry Tristar Di Royal Plaza
batikyogya.wordpress.com

1 komentar: